Tanaman

Cara Budidaya Anggur Dalam Pot Yang Benar

Anggur adalah salah satu jenis buah yang populer karena bentuknya yang menggemaskan, rasanya yang menyegarkan dan juga jenisnya yang beragam. Buah anggur yang akan dibahas kali ini bukan mengenai anggur yang difermentasi hingga menjadi bir atau wine. Akan tetapi akan dijabarkan mengenai beberapa jenis anggur dan manfaatnya bagi tubuh serta cara penanamannya.

Jenis anggur diantaranya yaitu anggur bali, anggur hijau muda, anggur merah dan anggur dengan warna ungu. Anggur bali identik dengan warna buah yang hitam dan ukuran buah yang tidak terlalu besar atau dapat dikatakan sedang. Anggur ini banyak ditemukan di wilayah Buleleng dengan rasa buah yang manis dan buah dengan tekstur yang lunak.

Anggur hijau muda disebut dengan nama Rosario Bianco Grape dengan ciri bentuk buah yang lonjong dengan warna hijau muda kekuningan. Anggur jenis ini memiliki cita rasa yang segar dan terkesan adanya rasa renyah bila telah masuk ke dalam gigitan mulut. Sedangkan anggur merah dikenal dengan nama Barbarossa Grape dengan ciri tekstur yang kuat atau tidak mudah rusak.

Anggur merah biasa digunakan dalam pembuatan salad karena rasanya yang kuat dan warna buahnya yang menarik. Selanjutnya yaitu anggur ungu yang dikenal dengan nama Vitis rotundifolia, umumnya berguna untuk pembuatan jus dan jelly. Tak hanya jenis itu saja, masih banyak jenis anggur lainnya yang pastinya memiliki fungsi dan keunikan masing-masing.

Jenisnya yang beragam diimbangi pula dengan manfaat dari buahnya yang bervariasi bahkan buah anggur dapat mencegah penyakit kanker. Maka dari itu, tak heran bila kini tumbuhan anggur mulai digemari untuk ditanam di lingkungan sekitar pekarangan rumah. Bila Anda tak memiliki pekarangan yang luas, namun tetap ingin menanam anggur, itu tak masalah.

READ  Begini Cara Budidaya Cabe Merah Besar Yang Benar dan Baik

budidaya anggur dalam pot

Anda dapat menanamnya di dalam pot, cara budidaya anggur dalam pot ialah sebagai berikut:

  1. Persiapan alat dan bahan

Alat yang perlu Anda siapkan diantaranya sekop untuk mengambil media tanam dan gunting untuk memotong batang anggur serta pot.. Sedangkan bahan yang perlu Anda siapkan yaitu media tanam berupa tanah gambut dan pupuk organik yang akan dicampurkan. Perbandingan yang digunakan yaitu 1:1 agar seimbang antara tanah dan pupuk yang dicampurkan.

  1. Persiapan bibit

Bibit atau benih yang harus Anda siapkan dapat berupa hasil dari stek dan dapat pula Anda dapatkan di toko bunga terdekat. Bila Anda memilih bibit melalui batang anggur yang distek, langkah pertama yaitu pilih indukan yang baik. Akan lebih baik bila indukan yang dipilih berumur satu tahun atau lebih dari itu.

Lalu Anda ambil bagian batang dengan panjang kurang lebih dua puluh senti meter panjangnya dengan diameter sekitar satu senti meter. Langkah selanjutnya yaitu melakukan penyemaian batang anggur hasil stek yang telah disiapkan dengan bantuan polybag atau sejenisnya. Langkah ini dilakukan agar menghasilkan tumbuhan baru dengan kualitas yang unggul dan baik.

  1. Proses menanam

Langkah pertama yang dilakukan saat proses menanam yaitu memasukkan media tanam seluruhnya ke dalam pot yang telah disiapkan. Pastikan pot terisi penuh lalu buatlah sedikit galian untuk menancapkan batang anggur hasil stek yang telah Anda potong. Kemudian tancapkan bibit anggur di tengah media tanam dan padatkan media tanam sekitar bibit.

Setelah bibit tertanam kuat, lakukan penyiraman pertama dengan air secukupnya hingga seluruh permukaan tanah basah. Langkah selanjutnya yaitu Anda harus merawat anggur yang akan mulai tumbuh tunasnya sekitar beberapa minggu. Lalu lakukan pemupukan dengan jangka waktu lima belas hari sekali, sebulan sekali atau tiga bulan sekali sesuai kebutuhan yang diperlukan.

READ  Cara Budidaya Cabe dalam Polybag Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan